sahabat adalah insan yang membuatmu lebih berarti

rss feed & sitemap di joomla



Dalam membuat situs berbasis joomla (baca: tutorial joomla), kamu dapat di untungkan karena web joomla di desain agar pengguna atau administrator dapat membuat situs web dengan sangat mudah. Itu di sebabkan oleh plugin, componen dan modul yang banyak mendukung joomla sehingga kita tinggal memilih modul atau sebagainya yang kita butuhkan. Sekarang apa yang di maksud dengan rss feed? Rss feed yaitu adalah sebuah halaman yang menampilkan tampilan terbaru dari sepuluh artikel atau bahkan semua artikel. Jadi google akan mengetahui setiap ada postingan baru pada blog  maka dengan otomatis membuat blog kamu akan cepat nongkrong di google atau search engine lainnya.

Sekarang langsung saja membahas mengenai cara membuat rss feed di joomla, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
Pertama silakan download rss ninja syndicator.
Kedua unzip file tersebut karena terdadapat componen dan modul.
Ketiga upload kedua file tersebut pada ekstensi kemudian install.
Keempat silakan masuk ke menu components jika upload sukses maka di situ akan ada menu mengenai ninja rss syndicator. Pilih menu tersebut dan pilih feeds dan buat baru dengan menekan button new untuk mulai membuat feed.
Kelima silakan isi data sesuai yang kamu inginkan dan save. Setelah di save lihat di sebelah kiri, tepatnya di Feeds url maka itulah URL feed kamu.



Membuat sitemap di joomla

Semua orang awalnya tidak mengetahui apa itu sitemap? Sehingga banyak dari mereka yang mengabaikan sistem tersebut. Padahal sebenarnya sitemap itu sangat membantu kita dalam pengindexan artikel di mesin pencari seperti google, yahoo dan bing. Karena itu membuat sitemap sangatlah penting. Karena dapat mempercepat blog kita nyantel di search engine. Nah, untuk itu mari ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai membuat sitemap di joomla karena sebelumnya siswa tkj membahas mengenai Transfer feedburner google maka sekarang kita bahas lagi mengenai joomla. Langkah-langkah membuat sitemap joomla:

Pertama silakan kamu download componen xmap atau com_xmap
Kedua unzip file tersebut karena di dalamnya ada dua macam file yaitu komponen dengan plugin.
Ketiga Upload file-file tersebut di halaman dashboard joomla kamu. Setelah berhasil upload file tersebut silakan lihar menu di componen ada menu Xmap. Seperti gambar berikut:


Nah, silakan pilih xmap untuk mulai setting di joomla. Dan pilih add sitemap untuk mulai membuat suatu sitemap:


Setelah itu silakan pilih menu-menu yang kamu inginkan untuk di masukan ke dalam sitemap dengan cara pilih add menu, kamu bisa menambahkan bnyak menu sesuka hati kamu. Jika sudah selesai maka di pojok ada menu option dan pilih set default. Dan tahap terakhir untuk mendapatkan URL sitemap kamu yaitu dengan cara pilih option sama seperti tadi dan pilih preferences maka akan tampil seperti ini:


Nah, pembuatan sitemap telah jadi dan ada tiga URL disitu ada sitemap xml , sitemap html dan news sitemap. Contohnya adalah sitemap di web joomla siswa tkj http://karnadi.freevar.com/index.php?option=com_xmap&sitemap=1&view=xml silakan lihat hasilnya.



Penyelesaian...
Jika ada masalan]h mengenai cara membuat sitemap di joomla, silakan hubungi sisw tkj karena jika bisa maka akan aku bantu. untuk melihat contohnya silakan lihat web joomla siswa tkj yang tadi. QRBGJMQB2Q56

2 coment:

Anonim mengatakan...

Makasih gan info yang bagus sekali....

BISNIS Inovatif mengatakan...

Baru pertama kali nich menggunakan joomla, terimakasih artikelnya, jadi bertambah ilmunya.

Poskan Komentar

Berikan Pendapat atau Argumen Anda...!!!