sahabat adalah insan yang membuatmu lebih berarti

TIMPHAN ASOE KAYA

Kue khas Aceh ini sering dijumpai di saat acara-acara besar, seperti kenduri, lebaran, pesta pernikahan, menjamu tamu kehormatan, dll. sekarang timphan sudah banyak modifikasi rasa dan warnanya, namun aku paling suka sama timpan dari labu kuning dengan isi srikaya hmm sedapnyee.... This is it, Timphan resep keluarga :)


BAHAN :
Untuk kulit
-          ½ kg tepung ketan
-          5 buah pisang  atau ¼ kg labu kuning
-          500cc santan kental
-          1 sdt garam
Pisang atau labu dimasak dengan santan kental sambil diaduk-aduk hingga mendidih, kemudian blender hingga halus dan dinginkan. Setelah dingin campurkan sedikit demi sedikit dengan tepung sambil diuleni/diremas-remas hingga adonan menyatu dan tidak lengket lagi. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat sedikit lebih kecil dari bola pingpong, kemudian siapkan daun pisang sebanyak adonan yang terbentuk dengan ukuran persegi 17 x 15 cm.
Untuk Isi (srikaya) :
-          1 mangkok kobokan telur ayam (7 btr telur)
-          1 mangkok santan kental
-          1 mangkok gula pasir
-          1 sdm tepung terigu (peres/rata)
-          1 sdt garam

CARA :
Kocok telur + gula pasir sampai mengembang tambahkan santan aduk rata. Aduk tepung dengan air 20 cc campurkan kemudian masak dengan api sedang sambil diaduk dengan centong kayu sampai adonan kental.

Cara Membuat Timphan:
Ambil selembar daun pisang lumuri sedikit minyak masukkan bentuk adonan bulat, pipihkan, letakkan  1sdt srikaya diatasnya kemudian gulung adonan dengan daun sampai padat lipat kedua ujung daun lalu masukkan ke dalam kukusan. Kukus semua timphan selama 20 menit.

0 coment:

Posting Komentar

Berikan Pendapat atau Argumen Anda...!!!