sahabat adalah insan yang membuatmu lebih berarti

Massa Tuntut Tunda Pilkada, Dewan Setuju

Massa Pendukung MoU-UUPA Demo Tuntut Tunda Pilkada

Sekitar seribuan massa dan anggota Komite Mahasiswa Pemuda Aceh (KMPA) Pidie berdemo menuntut Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK), Pemkab dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) di Pidie agar menunda Pilkada, Kamis (20/10). Tiga pernyataan sikap mereka disetujui.
Demo Tolak Pemilukada
Sekitar 1000-an massa dan anggota Komite Mahasiswa Pemuda Aceh (KMPA) Pidie berdemo meminta DPRK, Pemkab dan KIP Pidie agar menunda Pilkada di Pidie sebelum selesainya konflik regulasi yang sesuai dengan UUPA.(Harian Aceh/Marzuki)
 
Amatan Harian Aceh kemarin, sejak pukul 08.00 WIB, ratusan massa menumpangi truk, pick up, bus sekolah, dan sepeda motor, mulai memadati halaman Gedung Meusapat Ureueng Pidie. Dua jam kemudian massa mencapai seribuan, yang datang hampir dari seluruh kecamatan di Pidie.
Koordinator aksi, T Syawal, didampingi Ketua KMPA Pidie, Mustakim RE, kemudian berorasi di gedung itu. Mereka meminta DPRK, Pemkab dan KIP Pidie segera menunda Pilkada sementara waktu sebelum adanya penyelesaian konflik regulasi yang sesuai UUPA dan MoU Helsinki demi menyelamatkan perdamaian.
Massa kemudian datangi Gedung DPRK sekira pukul 10.30 WIB. Seluruh anggota Dewan diminta keluar dari gedung untuk mendengarkan pernyataan sikap dari massa dan KMPA.
Tak lama berselang, seluruh anggota Dewan dari Fraksi Partai Aceh termasuk pimpinan DPRK Pidie, Abdul Hamid, memenuhi permintaan massa.
Sebagai butir pertama, DPRK Pidie diminta mendukung dan bersedia menyatakan sikap resmi bahwa pelaksanaan Pilkada cacat hukum, karena akan berdampak rusaknya stabilitas politik, keamanan dan gagalnya perdamaian.
Ketua DPRK Pidie, Abdul Hamid, menandatangani tuntutan massa dan KMPA itu. DPRK Pidie mendukung aksi masyarakat yang meminta Pilkada Pidie ditunda sampai adanya payung hukum yang jelas, dan pelaksanaan Pilkada harus sesuai Undang-Undang nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan ketentuan lain yang berlaku.
Massa kemudian mendatangi Sekretariat Pemkab Pidie. Pemkab juga diminta hal nyaris sama, bahwa pelaksanaan Pilkada tidak rasional dan dipaksakan, karena masih ada perselisihan hukum dan politik, serta perlu menghentikan segala pembiayaan dana Pilkada sementara waktu.
Sekdakab Pidie M Iriawan dan sejumlah pejabat teras jajaran Pemkab Pidie mewakili Bupati Pidie Mirza Ismail yang masih berada di Jakarta dalam rangka dinas, menandatangani butir kedua tersebut.
Di tempat yang sama, seluruh komisioner KIP Pidie diminta hadir untuk menandatangani pernyataan sikap ketiga. Pihak KIP pun hadir, antara lain Ketua KIP Pidie Junaidi Ahmad, didampingi dua anggotanya M Diah Adam dan Mulyadi Makmuman.
KIP Pidie diminta mendukung dan bersedia menyatakan sikap resmi, bahwa menolak pelaksanaan Pilkada dan menghentikan semua tahapan Pilkada sementara waktu sampai tuntasnya penyelesaian konflik regulasi dan adanya kepastian hukum serta dukungan politik dari semua pihak.
Maka KIP Pidie menyatakan sikapnya, antara lain mendukung aspirasi masyarakat Pidie yang meminta Pilkada di Pidie ditunda hingga selesainya konflik regulasi sesuai hukum dan mekanisme yang ada.
KIP Pidie juga diminta melaksanakan Pilkada sesuai UUPA dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena UUPA merupakan aspirasi dan inspirasi masyarakat Aceh dan pada prinsipnya KIP Pidie berkomitmen untuk menyukseskan Pilkada sesuai UUPA dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Usai Junaidi Ahmad membaca pernyataan sikap KIP Pidie, sekitar pukul 13.30 WIB, massa pun mengakhiri aksi damai yang ditutup dengan pembacaan doa dan kembali ke daerah asalnya masing-masing.(zuk)
Follow Twitter @harianaceh dan Facebook Ha

49 Komentar

  1. KMPA mrupakan anak KPA/GAM/PA, acara demo mrupakan skenario dari KPA/GAM/PA, peserta demo kbanyakan orang tua dan anak2 putus skolah yg brasal dari gampong pedalaman atau awak gle yg keunong tipee. Kbanyakan peserta demo brasal dari tangse, geumpang dan gampong yg dekat dgn gunung.

    Oleh KMPA = KPA/GAM/PA, pada 21/10/2011 - 00:24
  2. Ureung Pidie, han jra2 di peugeut le awak PA/GAM/KMPA. jak lom. oh woe peugah nyoe peugah jeh.

    Oleh Aulia, pada 21/10/2011 - 01:18
  3. Kasian org awam di pidie, memang beutoi aramjadah awak paksa org gampong yg hn meuphom politi dijak paksa demo….

    Oleh tiroM, pada 21/10/2011 - 01:32
  4. lon tuan kon GAM/KPA/PA tapi lon tuan ureung atjeh dan lon dukung UUPA.. tunda pilkada………..

    Oleh ureung aceh, pada 21/10/2011 - 03:48
  5. PIHAK KIP JGN TERPENGARUH DGN DEMO SGELINTIR ORG, JALANKAN TUGAS MU WAHAI KIP. PILKADA TETAP JALAN, YG DEMO ITU SEMUA PENDUKUNG AWAK PA ITU CUMA ORG SURUHAN AWAK PA, NA DINLOE BU BUNGKOH SABOH SAPO KAJAK DEMO, UREUNG ACEH SABEE EK DIPEUBANGAI LEE AWAK PA, PIHAK MEDIA PUN JGN MELIPUT BERITA LEBIH2….NA 500 DROE UREUNG JAK SURAK2 SAMBIL GEUJAK LET BUI…KA DIJAKPEUGAH 1000AN MASSA, AWAK MEDIA PIH PAJOH LUBEH SABEE, PEUGAH YG BUTOI PAKEUN HAN, PERLU KITA TAU..YG SORAK2 ITU CUMA ORG2 YG TDK TAU APA2….KRN SUDAH DISURUH DAN DIKASIH NASI BUNGKUS JAK SURAK2 AJU INAN PUE HOOOMMM…ABEH LAGEE KA….BAN HANA TROK MEUKEUSUD AWAK PA, MACAM CARA DIPEULAKU SUPAYA PILKADA BEK JADEH…NYAN UJONG2 JIH

    Oleh SIDOM APUI, pada 21/10/2011 - 05:12
  6. massa independen bersabar.orang sabar di sayangi Allah.

    Oleh amna, pada 21/10/2011 - 05:35
  7. independen yg sebagian calon pemimpinya terdiri dari kalangan ulama Abi Lampisang dari banda aceh.tgk Harmen nuriqmar dari melaboh.tgk Syech Muhajir dan tgk Kamarullah dari langsa,dan ulama di kabupaten lain semoga dengan pertolongan Allah dapat menang untuk dapat menolong agama Allah.

    Oleh massa independen, pada 21/10/2011 - 06:51
  8. Demontrasi yg sama akan dilakukan oleh GAM/KPA/PA di kabupaten yg lain malah di provinsi. Se akan akan rakyat atjeh menolak pemilukada, padahal hanya sekelompok orang sakit hati.

    Oleh Jalo, pada 21/10/2011 - 07:07
  9. tanda sakit hati turun ke jalan.
    massa independen turun ke jalan jika pasal syariat islam di cabut MK.

    Oleh tanda sakit hati turun ke jalan, pada 21/10/2011 - 07:21
  10. Rakyat ingin aceh tetap damai. Bukan seperti kalian yg cuma mementingkan jabatan. Kalian orang2 yg sakit hati krn semakin sempit kesempatan untuk kropsi. Alahai pai

    Oleh RAKYAT, pada 21/10/2011 - 07:42
  11. Harian aceh. telah dikuasai oleh pai. Artinya yg komen2 disini kebanyakan pai.

    Oleh RAKYAT, pada 21/10/2011 - 08:11
  12. PA-i = artinya Partai Aceh indonesia,mulai dari sandiwara MOU sampe sandiwara UUPA sampe sandiwara demo tunda pilkada. hanco phak Atjeh kali nyoe mulai di muprang baroejeh sampe jhe jinoe,sayang that rakyat Atjeh nyang hana muphom politik.sampe ka diboh ateueh nan rakyat tapi rakyat mantong hana muphom cit,nasib-nasib.

    Oleh malikul adil, pada 21/10/2011 - 08:48
  13. meunyo jadeh KPA/GAM malek mat nanggroe sang abeh ulama2 atjeh syahid bacut2 hukom hana ikot printah jih bunuh,jeuet keu pemerintah kuku besi,sekuler dan non demokrasi tapi hirarkhi arti jih di kongkong le printah GAM hingga jeuet keu saboh nanggroe mafia leubeh keujam dari pemerintah hindia beulanda.

    Oleh malikul adil, pada 21/10/2011 - 09:00
  14. Asai na karu-karu pasti dipeuphon di Pidie, sang nah Aceh nyoe atra awak Pidie,nyang laen kon ureung Aceh. Beu kateupeu hai awak Pidie,kamoe awak Aceh laen ka glak ngon awak kah , sabee peugot karu. Peu kapreh Geu murka le Allah Lom ? Kasep sigoe tsunami. Ureung carong na di awak kah, tapi nyang bangai pih le di awak kah. Ureung laen di pikee keu akhirat, hana trep le donya ka akhee, peu le ibadah, awak kah nyang kapikee donya saja, meureupah pangkat dan jabatan, ujong-ujong jih meuheut keu kaya.Ka contoh presiden Libya Moammar Khadafi nyang latih awak Gam meuprang, jinoe ka mate jitimbak rakyat droe jih. Nyaweng siat Neu bri le Po Teu Allah, pakeun han kapakek peubuet nyang Neu Ridha le Allah..? bek peugoet kemungkaran sabee di muka bumoe Aceh.

    Oleh ureung Aceh laen, pada 21/10/2011 - 09:21
  15. DEMO DOMOBILISASI OLEH PA …. !

    Oleh ampoen, pada 21/10/2011 - 09:27
  16. independen yg sebagian calon pemimpinya terdiri dari kalangan ulama Abi Lampisang dari banda aceh.tgk Harmen nuriqmar dari melaboh.tgk Syech Muhajir dan tgk Kamarullah dari langsa,dan ulama di kabupaten lain semoga dengan pertolongan Allah dapat menang untuk dapat menolong agama Allah.

    Oleh wali, pada 21/10/2011 - 10:01
  17. Saatnya kita seluruh elemen masyarakat Aceh, Ulama, pemuda pemudi, tokoh masyarakat dan lain sebagaianya, untuk menatap masa depan Aceh yang lebih baik dengan adanya Pemilukada ini. Jangan mau di hasut oleh KMPA dan organisasi lainnya mereka semua buatan GAM/KPA/PA yang sudah disiapkan untuk membuat kekacauan di Aceh. Mengapa kita masih menanggapi mereka semua, padahal kalau kita biarkan lambat laun akan menjadi pertikaian diantara kita sesama warga Aceh. Presiden sudah mengatakan keamanan Aceh adalah harga mati. Jangan dipolitisir lagi, Pemerintah Pusat dengan seluruh elemen bangsa yang lain sudah berusaha memajukan Aceh. Dan hal ini terbukti perdamaian di Aceh sudah dinikmati, prekonomian sudah berjalan dll. Yang diinginkan kita semua saat ini adalah menjaga kedamaian Aceh tetap dalam bingkai NKRI. Jangan selalu berkoar-koar untuk membatalkan dan menunda Pemilukada, padahal ini adalah untuk kepentingan kita semua orang Aceh.Dalam berita serambi hari ini Presiden mengatakan bahwa Keamanan Aceh adalah harga mati. Masyarakat Aceh sudah mengetahui bahwa adanya organisasi” buatan seperti KMPA dll, yang selalu berkoar kata” damai. Aceh memang sudah damai dalam bingkai NKRI. Selama ini yang ingin selalu membuat ancaman demo besar-besaran adalah kelompok GAM/KPA/PA.” Seluruh masyarakat Aceh sepakat barang siapa berani menentang bahkan melawan Pemerintah yang sah maka mereka sudah bisa disebut pemeberontak dan menjadi musuh bersama”. Jangan termakan provokasi kelompok-kelompok yang ingin kaya dan berkuasa dari penderitaan rakyat.

    Oleh ikhsan ilyas, pada 21/10/2011 - 11:02
  18. Kelompok massa ini adalah massa bayaran DPRA untuk dapat menggagalkan Pilkada. DPRA + PA = ANTI DEMOKRASI DI ACEH.

    Oleh Zainudin, pada 21/10/2011 - 11:48
  19. Saudaraku sebangsa se agama mari sama2 kita lawan bentuk kebathilan di Aceh tercinta ini, ,,,,,,,,Aceh ini adalah kepunyaan kita semua bukan kelompok atau golongan tertentu. Hukum harus ditegakkan. Demokrasi adalah tuntutan masyarakat. Kalolah belum terlambat WALI NANGGROE harus dipilih rakyat juga. Tidak boleh diangkat oleh sekelompok orang yg tidak jelas DASAR HUKUMnya. Demokrasi adalah hak rakyat yg harus dilanjutkan. pilkada adalah BENTUK DEMOKRASI yg di inginkan JANGAN TUNDA PILKADA krn Itu HAK RAKYAT

    Oleh majid., pada 21/10/2011 - 13:13
  20. ulama harus memimpin aceh, karna lima tahun kebelakang ini kemaksiatan di aceh semakin banyak dan band musik jakarta banyak yg datang ke aceh,bukanya investor.!! lima tahun yg telah kita tunggu dan lewati.apakah kita mau tunggu dan tunggu, sebentar lagi sebentar lagi..mari dukung ulama karna pewaris para nabi.

    Oleh independen, pada 21/10/2011 - 14:05
  21. sudah terlambat kalau GAM bilang demi rakyat, kami rakyat aceh tak buta, tak tuli n tak bisu kami lihat, kami rasakan n kami alami selama ini..tak ada kalian peduli sama kami, cuma sesama kelompok2 kalian saja yg dapat n kalian tak merasa malu mempertontonkan rebutan proyek n sluruh bantuan lain nya sesama kalian..utk itu saya himbau kepada sluruh rakyat aceh, mari lawan kejaliman yg dilakukan oleh GAM selama ini kepada kita.

    Oleh hasan, pada 21/10/2011 - 14:21
  22. loen spakat ngen hasan, jak ta lawan, menyoe pun getanyoe mate lam perlawanan ngon GAM kali nyoe, kadang lebeh jet dikhen syahit, dari pada awak GAM nyan mate wate melawan aparat ro jeh..karena GAM lawet nyoe cit kafe, me khatib jum’at mantong dipoh.

    Oleh husen, pada 21/10/2011 - 14:27
  23. Pidie hana d ikot bak lapan blah goe bek,rakyat pidie hasee ji peugheut le Partee Asee, Aceh nyou kon pidie.
    Hana pidie ka keuh,leubeuh get,hana habeuh belanja,pih lom nyan kabupaten gasien,awak nyan bah keuh pilkada keudroe jih, atawa singhoh ji pue Pj lee jawa.
    Rakyat kon perle pilkada, tapi aman,Partee Asee kiban cara bek aman mangat ji tunda pilkada, nyan program awaknyan.
    Awak pidie hasee ji gapue sabee lee partee asee…ka lee jirou menisan bak rhung…alah hai apa…

    Oleh Apa Kasem, pada 21/10/2011 - 14:31
  24. Sangat disayangkan…. GAM/PA/KMPA tega meracuni ureung gampong yg hana tepeu sapeu unt ikot acara bangai nyan.
    GAM/PA/KPA adalah kelompok peu anco bangsa yg hanya mementingkan kekuasaan unt memuaskan nafsu dro, keluarga dro, & kelompok dro. Oleh sebabnyan semoga masyarakat bek tem jipelangue lam tho le kaplat2 budoknyan: GAM/PA/KPA/Sebagian DPRA/DPRK bajeung yg berasal dari PA.

    Oleh Apa Syam, pada 21/10/2011 - 14:33
  25. that sayang takalon aceh nyo, le that ureeng peugah droe betoi,,na yang peugah droe ulama dan na yang peugah droe umara,,padahai lam ule jih dum cuma 3 perkara; tampoek, tumpoek, dan capoek.

    Oleh yahwa gani, pada 21/10/2011 - 14:42
  26. sang le ka awak peubloe nangroe,bek kapemelho awak aceh,kayak woe ugampoeng keuh kedeh..

    Oleh bangai sabe, pada 21/10/2011 - 15:07
  27. Yang na KMPA cit tok di Pidie,menye di jak demo u daerah laen awak nyan cit yg jak. nyan adalah ureung2 bangai yg ase di peungeut ngen bu saboh bungköh lé awak PA. menye dijak demo u daerah laen ngen parang puntöng neupeucrok sigam bangai nyan, atawa neujök bu saboh bungköh sapo, lheuh nyan neyue jak lét ma jih laju. awak nyan ci perlee bu sagai. pane na mephöm politek aneuk2 manyak bangai. geuyue jak rabé lumo kajak demo… nan dro tan katusoe.

    Oleh rampagoe, pada 21/10/2011 - 15:09
  28. Alah saudara lon ureung aceh,dit no kananggro hana neutupu droe neuh lom,manteng neudukung si pai jawa….dum ureung donya itren di bantu tanyo droe neuh mantong teungeut,,,bit2droe neuh dum ureung publoe nanggro….@.

    Oleh Gatot kaca, pada 21/10/2011 - 15:16
  29. CALON WALI NANGGROE 1. ABU PANTON 2. PROF. DR.MUSLIM IBRAHIM . 3 .ABU ARONGAN . 4. MUSTAFA ABU BAKAR 5. PROF.DR. SYAMSUDIN MAHMUD.MA

    Oleh wali nanggroe., pada 21/10/2011 - 15:26
  30. cuma nyan. malik mahmud alm utari hoe taba teungku ??????????????
    ————————————————————————–
    ———– COMMENT EDITED BY ADMIN —————–
    ————————————————————————–

    Oleh rapat, pada 21/10/2011 - 15:32
  31. tidak ada maksud mengadudomba.
    tapi ini hasil temuan kami di lapangan (tkp), mereka semua yg datang keacara aksi damai itu,
    1.sudah di skenariokan oleh GAM/PA/KPA.
    2.terdapat ada beberapa panglima didalam aksi tersebut
    3.menurut hasil sadapan telfonseluler, mereka sudah berencana dari jauh2 hari,
    4. itu semua perintah dari petinggi PA. yg melakukan rapat di kandang, dan kantor PA wilayah pase Geudong.
    5.dari hasil penelusuran juga, kami menemukan logo atu bendera ,KMPA itu merupakan simbul warna bendera KPA.

    Oleh intel, pada 21/10/2011 - 16:35
  32. betoi rampagoe.. lage d gampong lon baroe, awak kpa dijak pakat aneuk miet jak demo dipeugah dibi peng 50rb sapo lé awak DPR. trok keudeh bek takheun peng, meu ie saboh cawan tan soe bi. that bajeung awak kpa nyan, abeh dipeungeut aneu manyak. wate diwoe aneuk miet nyan diteumeunak ngen hanyi.

    Oleh pineung nyen, pada 21/10/2011 - 17:10
  33. Perlee kamoe bithee bak peserta demo baroe di Sigli, peng kalheueh kamoe jök baroe bak maseng2 panglima sagoe Rp 5jt, saboh sagoe. jadi soe yang hana dibi peng baroe jeut jak lakee bak pang sagoe maseng2
    TTD
    ANGGOTA DPR F-PA

    Oleh DPR F-PA, pada 21/10/2011 - 17:30
  34. Assslmkm ww. Ma,af. Saya harap sesiapa yang benci sama orang pidie jangan kalia sebut,semua orang pidie.Kami pidie banyak yang tidak ikut PA yang di pipin oleh sekelompok orang dari Singapura.Sy harap saudara maklum.
    Wassalam

    Oleh Ibrahim, pada 21/10/2011 - 17:50
  35. saboh nariet manteng pewaris nabi yaitu ulama.
    han ek le ta meu meudawa hek theh.
    kaleh ta rasa limeng thon yang ulikot.
    jino taneuk rasa ulama pimpin.
    di propinsi na abi lampisang.
    di kabupaten pih na ulama.
    menyo hana ulama ayah gen ma theh hanjet geu meunikah.

    Oleh gadoh, pada 21/10/2011 - 17:55
  36. Kabupaten Pidie kon Aceh Pidie , nyong peukaru dan mulai prang ureung aceh sabee awak pidie. makajih mandum kabupaten hana galak keu awak pidie..

    Oleh aceh., pada 21/10/2011 - 19:20
  37. Nyan jamok di lua kulumbu,kupue ta uruoh,han soe pereumen pih,bah inan jih,yg bek jitamong lam kulumbu,meuyo ka jitamong,nyan baroe ta semprot ngon baygon.
    ————————————————————————–
    ———– COMMENT EDITED BY ADMIN —————–
    ————————————————————————–
    Ma sayang that masyarakat Aceh hana jikap lee,ji kawee ngon angen syuruga….By by PA, 2014 tinggai nan.

    Oleh Abu Hasan, pada 21/10/2011 - 19:53
  38. Syedara lon ban sigom donya, bangsa aceh yang lon gaseh..khususjih keu awk2 droneuh nyang brikomentar di media HA.online nyou bek asai neu comen2 laju, neutron u lapangan neujak teliti beu jeulas puena petinggi2 kamou di setiap rame2. Meunyona nue tlg lapor bak kamou melalui KPA segohlom neubri komen2 yg arogan, menghujat, memfitnah dan tidak berdasar.Oh neu komen2 leubeh got neusertai buketi real. KPA/PA tidak bertanggung jawab ateuh acara penolakan ank bangsa atjeh terhadap pilkada nyang cacat hukom buatan MK nyang dijok wwnang keu awk KIP deungon restu SBY. Kamou hn watee jak arah2 ank bangsa atjeh utk jak demo DPRK lagee di wilayah sagoeu Pidie, puelom neu tudoh kamou jok2 peng keu massa, nyan jiohthat. Karna seulama nyaou juet neu kalon keudrou di kehidupan, matong le that eks teuntra atjeh yg morat marit hana jabatan sapue di seluruh sagoeu2 di nanggrou atjehnyou. Meunyo ka benci that keu kamou di DPRA/KPA/PA, kamou siap muetron dari jabatannyan dan neu gantou le ureung dron nyang jagou2 hujat awk kamou di media, krn jabatannyan amanah bangsa atjeh, sou mantong bangsa atjeh juet geucalon drou sebagai pemimpin, asai napatohi MoU Helsingki dan UUPA, dan meulalui peurete atawa kelompok, parlok atawa parnas…bek melanggar atoran. Saluem kue bandum anuek bangsa atjeh, semoga harapan kaum bek sampe terprovokator dengan hasutan2 dan kebencian para komentator palsu yang macam2 disinou. Jaga perdamaian dan menghasut rakyat.

    Oleh cempala kuneng, pada 21/10/2011 - 20:51
  39. peu neu pegah item tren dri dewan, neu ci pe bukti bak kamoe, bek asai ne marit mantong. Kamoe bethoi2 ka han galak le ke dewan dri PA yg aneh n bodoh nyan..piyoeh aju, piyoeh.

    Oleh sutan, pada 21/10/2011 - 21:04
  40. bek neu tudoh kamo kpa/pa/ demon, kamo meupakat awak nyan dg janji jok peng keuneuk kalon peu awaknyan tergiur, awaknyan ka kamo catat meunyona berontak lom, awaknyan keu tabeurekah ilee. bek neupikee kamo bodoh, strategi peu aman dro cit lagee nyan, na neukalon watee konflik urojeeh, so yong leu matee, kamo atau rakyat yg bodoh lagee pendemo nyan, kamo kpa, pa mandum setuju pilkada, tapi hana kamo daftar calon karena hasil survei pasti talo, darpada malee kon terhormat lageenyo.

    Oleh P.Sago, pada 21/10/2011 - 21:48
  41. Awak PARTE ASEE yang duek bak DPRA nakeuh kelompok MAFIA (MAnusia FIkiran Asee) yg serakah & haus kekuasaan. wate pemilu legìslatif uroe nyan sgala cara dihalalkan, dipoh maté lawan politik, di intimidasi msyarakat,demi utk ditumee duek bak kursi nyan. pane mgken ditem troen, menye memang awak nyan ureue get2 ci troen sigo, bek mukat ubat nyoe ubat jeh. MoU/UUPA hanya ubat peuraya pruet awak kah hai asee deuek.. bek kajak peulangue kamoe..

    Oleh rampagoe, pada 21/10/2011 - 21:50
  42. lihat lah bagaimana kacaunya bangsa ini gara gara sistem yang bernama demokrasi

    Oleh darmawan, pada 21/10/2011 - 23:21
  43. ulama bertugas sebagai pengarah umara, kalau ulama juga terjun kedunia politik siapa lagi yang akan membimbing umara ke arah yang lebih baik, sebaiknya ulama tetap pada jalurnya yaitu netral. jangan ikut-ikut politik karena politik itu tidak ada yang bersih. nyan takalon abi lampisang nyan kon di bayeu le irwandi jeut keu calon gubernur supaya na ngon irwandi di jalur independen. man mandum mulai dari ktp dan uang utk pilkada si wandi yang tanggong. pakon bangai sabe lee awak yang komen di koran nyoe.

    Oleh masbull, pada 22/10/2011 - 11:59
  44. na neu turi sultan iskandar muda beliau na lah seorang ulama maka jih aceh maju bak masanyan.dan sultan iskandar muda sanggup ne hukum rajam aneuk meunurut hukum islam karna aneuk pebuet zina.pemimpin lawetnyo menyo ulama yu hukum rajam maka pemimpin nyan han ditem..

    Oleh juli, pada 22/10/2011 - 15:05
  45. nyan butoi masbull, awk yg bri comen2 nyan rudhok tan itupue, ka ujuen matong ipeugah rudhok man kan kloprip. ulama tugas geuh adalh beu ek peuingat penguasa yg zalem, beu mampu geu bri nasehat dan geu bimbing rakyat keu jalan yg jroh bek salah kaprah ngat seulamat donya akhirat, bek geujak meupolitek…hanco nanggrou hanco rakyat. alah hai sure eh asai ka kahah abah laju. nyan calon independent ka pike le kah pue awak suci mandum, nyou ka mulai calon drou keu gub/wabub/cabub/wabub,mandum abra’u supot..peng lam ulee jih. ka eu si wandi, sinazar dan laen2..mandum cara dikieh dipeuhaleui krn peng tujuannjih. pat na ipike awak dukung jih rohjeeh, di awk sira ka keudroujih dijak mu’ue dijak pula bakong, di awk independen yg dukung siwandi dijak meurot keudroujih dan dimue shabu2. peugahnyou peugah jih, kan kajak buet ilee ngat ka tupue la ho kiwing. man di awk yg na pertee, nyan cit kaplat mandum…makajih dipeugot pertee ngat jut dipuehanco rakyat. lam brot ma keuh hai…bek kajak jebak ulama dlm buet donya beh..independent. nyan hanjut takheun ulama lom yg ka daftar drou bak KIP, karna ka di muepolitek, nyo ka lam sistem kupiah2/surban2 dipo lampague..alah hai madum asee pungo.

    Oleh bulukat tumpou, pada 22/10/2011 - 16:02
  46. hom adaken ulama that asai ka jet gebimbing umat nyan yg ulon pilih awakah hom keh.ka leh ta rasa mandum baroken.

    Oleh maimun, pada 22/10/2011 - 20:11
  47. Tunda pilkada = rusuh

    Oleh ibnu, pada 23/10/2011 - 00:15
  48. petinggi GAM / KPA / PA mengakui bahwa Aceh adlah bagian NKRI, ini bukti bahwa mereka tidak memiliki wawasan sejarah Aceh dan Indonesia secara lengkap, apa yang menjadi bukti bahwa Aceh ini bagian dari Indonesia ?
    okelah itu sejarah yang sudah terlanjur mereka perbuat ketika penanadatanganan MoU helsinky, anehnya sekarang mereka kembali melakukan kebodohan dengan meminta penundaan pilkada sedangkan sudah jelas bahwa pilkada hanya bisa ditunda dengan tiga perkara ( sebab ) sedangkan ketiga hal tersebut tidak terjadi di aceh.
    hukum di Indonesia jelas mengatakan Qanun yang baru hanya bisa dijalankan apabila sudah disepakati oleh semua pihak, dan apabila qanun yang baru tersebut belum disepakati maka qanun yang lama masih berlaku dan bisa dijalankan. tapi kok mereka menuduh KIP melanggar hukum ?
    setiap keputusan MK adalah Final dan Mengikat. tapi kok masih mau digugat ?
    bikin malu orang aceh saja.

    Oleh aneuk raja, pada 23/10/2011 - 07:19
  49. Bicara demokrasi,,KMPA ok,demontrasi yg tertib dan damai, bicara hak politik KMPA berhak menyuarakan aspirasinya,,,,,yg setuju Pilkada di lanjutkan,,,, lebih baik melakukan demontrasi juga…nanti kita hitung,,,mana yg suara terbanyak,,,,ini baru fakta yg sebenarnya….rakyat mau yg mana ..? ini baru demokrasi,,,,,yuk demontrasi,,,yuuuuuuk….

    Oleh Sekolah Demokrasi, pada 29/10/2011 - 00:58

0 coment:

Posting Komentar

Berikan Pendapat atau Argumen Anda...!!!