sahabat adalah insan yang membuatmu lebih berarti

Air Sabun Sembuhkan Luka Gores-Lecet



Luka gores atau jatuh dan lecet membuat kulit terasa perih saat terkena air, tidak jarang hal ini membuat anak kecil menjadi gak mau mandi karena takut perih. Obat yang biasa digunakan adalah yodium (sering kali orang menyebut obat merah), selain dapat diperoleh di toko, yodium bisa langsung didapatkan dari tanaman yaitu dengan memanfaatkan getahnya untuk mengobati luka. Selain obat tersebut ternyata ada cara lain yang lebih mudah dilakukan jika terjadi luka gores, atau luka ringan karena jatuh. Dari penelitian ternyata dilaporkan bahwa air dan sabun dapat menyembuhkan luka gores, lecet atau luka ringan lain pada kulit.

Cara melakukan penyembuhannya sangat sederhana, bersihkan luka dengan air mengalir, kemudian dicucui dengan sabun kemudaian dibilas lagi dengan air kemudian dikeringkan dengan kain atau handuk agar air terserap dan cepat kering. Bahkan disampaikan bahwa air dan air sabun lebih efektif menyembuhkan luka gores dari pada krim antibiotik. Dari penelitian yang dilakukan hampir semua infeksi kulit sembuh dengan cepat tanpa memberikan antibiotik, dan hanya menggunakan air dan sabun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rahasia penyembuhan luka adalah permbersihan dan perawatan yang tepat, bukan antibiotik. Cara yang sangat mudah seperti pembersihan luka, pengeringan dan menjaga area infeksi tetap bersih membuat penyembuhan lebih cepat.

Mungkin memang beberapa dokter masih berasumsi bahwa antibiotik selalu diperlukan untuk luka yang terinfeksi oleh bakteri, tapi tidak selalu harus begitu. Karena sekali lagi bahwa perawatan dan kebersihan sangat diperlukan agar luka cepat sembuh. Dan penyembuhan bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tidak memerlukan biaya yang mahal, silakan dilakukan, semoga bermanfaat. Ingat bahwa kesehatan sangat penting, jagalah kesehatan dengan menjaga kebersihan.

0 coment:

Poskan Komentar

Berikan Pendapat atau Argumen Anda...!!!